PEMETAAN MATERI
PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)
SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021
JENJANG SEKOLAH : SMP BANYAK SOAL : 30 BUTIR
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
KELAS : VII
NO |
KI/KD |
MATERI |
JML SOAL |
INDIKATOR MATERI |
1 |
3.5 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar |
Mengurutkan kalimat acak menjadi teks prosedur |
1 |
Peserta didik dapat menentukan urutan langkah-langkah dalam teks prosedur. |
Melengkapi teks prosedur rumpang |
1 |
Peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur rumpang. |
||
Isi teks prosedur |
1 |
Peserta didik dapat menentukan isi teks prosedur |
||
Kata kerja imperatif |
1 |
Peserta didik dapat menentukan kata kerja imperatif |
||
2 |
3.8 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/ legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. |
Watak tokoh |
1 |
Peserta didik dapat menentukan watak tokoh fabel dengan tepat. |
Sudut pandang |
1 |
Peserta didik dapat menentukan sudut pandang yang digunakan dalam teks fabel dengan tepat. |
||
Jenis fabel |
|
Peserta didik dapat menentukan jenis fabel dengan tepat. |
||
Penulisan kalimat langsung |
1 |
Peserta didik dapat menentukan penulisan kalimat langsung yang paling tepat dalam teks fabel. |
||
Pertanyaan sesuai isi fabel |
1 |
Peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks fabel. |
||
3 |
3.9 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/ legendadaerah setempat yang dibaca dan didengar.
|
Struktur teks fabel |
1 |
Peserta didik dapat menentukan paragraf yang sesuai dengan struktur teks fabel. |
Variasi pengungkapan struktur komplikasi |
1 |
Peserta didik dapat menentukan variasi pengungkapan struktur teks fabel. |
||
Latar fabel |
1 |
Peserta didik dapat menentukan latar teks fabel. |
||
|
|
Variasi pengembangan watak tokoh |
1 |
Peserta didik dapat menentukan variasi pengembangan watak tokoh dalam teks fabel. |
Melengkapi paragraf fabel |
1 |
Peserta didik dapat melengkapi paragraf sehingga menggambarkan struktur resolusi dalam teks fabel. |
||
Antonim |
1 |
Peserta didik dapat menentukan antonim dari kata dalam teks fabel. |
||
Kata depan |
1 |
Peserta didik dapat menentukan penulisan kata depan yang paling tepat dalam teks fabel. |
||
Menurutkan kalimat menjadi teks fabel |
1 |
Peserta didik dapat menentukan urutan kalimat yang paling tepat agar menghasikan teks fabel yang baik. |
||
4 |
3.6 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar. |
Bagian surat pribadi |
1 |
Peserta didik menentukan bagian penggalan surat pribadi |
Pernyataan sesuai kutipan surat pribadi |
1 |
Peserta didik menentukan pernyataan yang tepat terkait dua kutipan surat pribadi |
||
Tujuan surat pribadi |
1. |
Peserta didik dapat menentukan tujuan surat pribadi |
||
Menulis surat |
1 |
Peserta didik dapat menulis penutup surat sesuai ilustrasi |
||
Ciri surat pribadi |
1 |
Peserta didik dapat menentukan alasan sebuah surat diklasifikasikan dalam surat pribadi |
||
5 |
3.7 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
|
Isi surat pribadi |
1 |
Peserta didik dapat menentukan isi kutipan surat pribadi |
Menulis surat pribadi |
1 |
Peserta didik dapat menulis surat pribadi dengan santun |
||
Tujuan surat dinas |
1 |
Peserta didik dapat menentukan tujuan penulisan surat dinas |
||
Penulisan tanggal surat dinas |
1 |
Peserta didik dapat menuliskan tanggal surat dinas dengan tepat |
||
Melengkapi surat dinas rumpang |
1 |
Peserta didik dapat melengkapi surat dinas rumpang |
||
Pernyataan yang tepat sesuai kutipan surat dinas |
1 |
Peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat sesuai kutipan |
||
Menilai penutup surat dinas |
1 |
Peserta didik dapat menentukan alasan ketidaktepatan penutup surat dinas |
||
Penulisan alamat surat dinas |
1 |
Peserta didik dapat menentukan penulisan alamat surat dinas yang tepat |
Copyright © 2019 - 2025 SMP Negeri 1 Nanggulan All rights reserved.
Powered by sekolahku.web.id