PEMETAAN MATERI PERSIAPAN ASPD TINGKAT PROVINSI TAHUN PELAJARAN 2020/2021
No. |
Jenis Teks (Tema/Topik) |
Kelas |
Materi |
Indikator |
1 |
Teks nonsastra |
VII |
Makna kata/kalimat |
menentukan makna kata |
menentukan tujuan penulisan teks |
||||
Iinformasi tersurat |
menentukan pernyataan sesuai isi teks |
|||
Ide pokok |
menentukan ide pokok |
|||
Bagian teks |
menentukan hubungan kalimat |
|||
2 |
Teks nonsastra |
IX |
Isi teks |
menentukan prediksi situasi yang muncul sesuai dengan isi teks |
Ringkasan isi teks |
menentukan ringkasan isi teks |
|||
Simpulan isi |
menentukan simpulan isi teks |
|||
IX |
Fakta/opini |
menentukan fakta/opini di dalam teks |
||
Perbedaan penggunaan bahasa |
menentukan perbedaan penggunaan bahasa dua buah teks |
|||
Perbedaan pola penyajian |
menentukan perbedaan pola penyajian dua buah teks |
|||
3 |
Teks sastra |
VII, IX |
Makna tersurat dalam cerpen |
menentukan bukti watak |
menentukan peristiwa yang dialami tokoh |
||||
menentukan alasan tindakan tokoh |
||||
menentukan latar cerita |
||||
menentukan penggambaran watak tokoh |
||||
menentukan tahapan alur |
||||
Makna simbol dalam fabel |
menentukan makna simbol dalam fabel/cerpen |
|||
Amanat |
menentukan amanat fabel/cerpen |
|||
Sudut pandang |
menentukan sudut pandang dalam cerpen |
|||
Menyimpulkan sebab/akibat konflik |
menentukan simpulan penyebab koflik/akibat konflik |
|||
Perbedaan pola pengembangan cerpen dan fabel |
menentukan perbedaan pola pengembangan dua buah kutipan cerpen/fabel |
|||
Perbedaan penggunaan bahasa cerpen dan fabel |
menentukan perbedaan penggunaan bahasa dua buah kutipan cerpen/fabel |
|||
Komentar isi cerita |
mengomentari kutipan cerpen/fabel |
|||
4 |
Menulis terbatas |
|
Melengkapi paragraf |
melengkapi paragraf dengan kalimat yang tepat |
VII, VIII, IX |
Teks prosedur |
menentukan urutan kalimat dalam teks prosedur |
||
|
Variasi kata/kalimat |
menentukan variasi kata dalam sebuah kalimat/teks |
||
VIII |
Tabel, diagram, data |
menentukan kalimat, paragraf sesuai tabel, diagram, data |
||
5 |
Menyunting kata, kalimat, paragraf |
VII, VIII, IX |
Perbaikan istilah/kata |
menentukan perbaikan istilah dalam kalimat/teks |
Kata bentukan |
melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan |
|||
Penggunaan kata/istilah |
menentukan alasan ketidaktepatan penggunaan kata dalam kalimat/teks |
|||
Kepaduan paragraf |
menentukan perbaikan kalimat dalam paragraf |
|||
Kalimat efektif |
menentukan kalimat efektif dan alasan ketidakefektifan kalimat dalam paragraf |
|||
6 |
Menyunting ejaan dan tanda baca |
VII, VIII, IX |
Ejaan |
menentukan perbaikan penulisan ejaan |
menentukan alasan kesalahan ejaan |
||||
Tanda baca |
menentukan penggunaan tanda baca yang tepat |
|||
menentukan perbaikan penggunaan tanda baca |
Copyright © 2019 - 2025 SMP Negeri 1 Nanggulan All rights reserved.
Powered by sekolahku.web.id