PEMETAAN MATERI PP ASPD MATEMATIKA
NO |
MATERI |
KLS |
KD |
INDIKATOR |
1 |
Operasi bilangan bulat |
VII |
3.2/ 4.2 |
· Menentukan hasil operasi (+,-,x,:) bilangan bulat · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan operasi bilangan bulat · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan KPK atau FPB |
2 |
Operasi bilangan pecahan |
VII |
3.2/ 4.2 |
· Menentukan hasil operasi (+,-,x,:) bilangan pecahan · Menyelesaikan masalah dikaitkan dengan operasi bilangan pecahan |
3 |
Perban dingan |
VII |
3.8/ 4.8 |
· Menentukan rasio dua besaran yang satuannya berbeda · Menyelesaikan masalah dengan menggunakan perbandingan · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan perbandingan bertingkat · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan skala · Membedakan perbandingan senilai atau berbalik nilai · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai |
4 |
Operasi bilangan ber pangkat |
IX |
3.1/ 4.1 |
· Menentukan hasil operasi (+;-;x;:) bilangan bulat berpangkat · Menentukan hasil perpangkatan dari suatu bilangan · Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dengan menggunakan sifat- sifat pangkat (eksponen) · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan persamaan bilangan berpangkat · Menyelesaikan masalah dengan penerapan konsep perpangkatan · Menyelesaikan masalah dikaitkan dengan operasi bilangan bentuk baku |
5 |
Bilangan bentuk akar |
IX |
3.2/ 4.2 |
· Menentukan hasil operasi bilangan bentuk akar · Menyelesaikan masalah dengan menerapankan konsep bentuk akar |
6 |
Pola barisan, bilangan |
VIII |
3.1/ 4.1 |
· Menentukan suku tertentu dari gambar berpola dengan cara menggeneralisasikan konfigurasi objek · Menentukan rumus suku ke n dari pola bilangan · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan pola bilangan |
7 |
Barisan dan deret |
VIII |
3.1/ 4.1 |
· Menentukan suku tertentu jika diketahui suku-suku sebelumnya · Menentukan jumlah n suku pertama suatu deret · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan suatu barisan tertentu (aritmatika, geometri, fibonacci atau lainnya) · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan suatu deret tertentu (aritmatika, geometri, fibonacci atau lainnya) |
8 |
Aritmati ka sosial |
VII |
3.9/ 4.9 |
Perbankan · Menentukan tabungan awal · Menentukan lama menabung · Menentukan persentase bunga · Menentukan jumlah tabungan akhir · Menentukan besar angsuran setiap bulan Jual beli · Menghitung harga penjualan · Menghitung harga pembelian · Menentukan persentase untung atau rugi · Menyelesaikan masalah berkaitan dengan jual beli · Menyelesaikan masalah dengan aritmatika sosial yang berkaitan dengan potongan harga |
No |
MATERI |
Kls |
KD |
INDIKATOR |
9 |
Bentuk Aljabar |
VII |
3.5/ 4.5 |
· Penjumlahan, pengurangan dan perkalian bentuk aljabar · Perkalian suku dua aljabar · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan bentuk aljabar |
10 |
Persama an dan PTLSV |
VII |
3.6/ 4.6 |
· Menyelesaikan persamaan linear satu variabel · Menyelesaikan PTLSV · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan PLSV · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan PtLSV |
11 |
Himpun an |
VII |
3.4/ 4.4 |
· Menentukan hasil operasi himpunan ( irisan, gabungan, pengurangan atau komplemen) · Menentukan banyak himpunan bagian · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan diagram venn · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan operasi biner dua himpunan |
12 |
Relasi dan fungsi |
VIII |
3.3/ 4.3 |
· Menentukan relasi dari dua himpunan · Menentukan daerah hasil jika rumus fungsi diketahui · Menentukan rumus fungsi yang sesuai · Menentukan relasi yang merupakan fungsi · Menyelesaikan masalah fungsi linear f(x)=ax+b · Menyelesaikan masalah grafik fungsi linear · Menjelaskan (memecahkan masalah) berkaitan fungsi linear |
13 |
Persama an garis lurus |
VIII |
3.4/ 4.4 |
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan gradien · Menentukan pasangan dua garis yang sejajar atau tegak lurus: · Menentukan persamaan garis jika diketahui unsur-unsur yang diperlukan diketahui · Menentukan grafik dari persamaan suatu garis atau sebaliknya · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan garis |
14 |
SPLDV |
VIII |
3.5 /4.5 |
· Menentukan penyelesaian dari SPLDV · Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep SPLDV |
15 |
PERSAM AAN KUADRA T |
IX |
4.2 |
· Menentukan akar-akar penyelesaian persamaan kuadrat · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan hasil kali dan jumlah akar- akar persamaan kuadrat berdasarkan koefisien-koefisiennya · Menentukan persamaan kuadrat baru jika syarat yang diperlukan diketahui · Menentukan karakteristik dari penyelesaian persamaan kuadrat dengan melihat nilai diskriminan · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan persamaan kuadrat |
16 |
Fungsi kuadrat |
IX |
3.2/ 3.4/ 4.4 |
· Menentukan grafik fungsi kuadrat · Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat · Menentukan sketsa grafik fungsi kuadrat yang tepat · Menentukan titik puncak grafik fungsi kuadrat · Menentukan titik potong grafik fungsi kuadrat dengan sumbu-sumbu koordinat Kartesius · Menentukan titik potong grafik fungsi kuadrat dengan grafik fungsi linear atau grafik fungsi kuadrat · Menentukan fungsi kuadrat jika diketahui titik puncak, titik potong, sumbu simetrI atau beberapa titik pada perdamaan kuadrat · Menjelaskan hubungan antara nilai diskriminan dan titik potong grafik fungsi kuadrat terhadap sumbu x · Menyelesaikan masalah terkait dengan grafik fungsi kuadrat |
No |
MATE RI |
Kls |
KD |
INDIKATOR SOAL |
17 |
Garis dan sudut |
VII |
3.10/ 4.10 |
· Menentukan pasangan sudut (dalam berseberangan, dalam sepihak, luar berseberangan atau dalam berseberangan) · Menghitung besar penyiku atau pelurus suatu sudut · Menyelesaikan soal berkaitan dengan sudut pada dua garis sejajar |
18 |
Segitig a dan segiem pat |
VII |
3.11/ 4.11 |
· Menentukan jenis segitiga menurut besar sudutnya · Menentukan syarat-syarat panjang sisi agar membentuk suatu segitiga · Menghitung sudut pada segitiga · Menentukan luas gabungan dua bangun datar · Menentukan keliling gabungan dua bangun datar · Menyelesaikan masalah yang dikaitkan dengan luas atau keliling gabungan dua bangun datar |
19 |
Teorem a Pythag oras |
VIII |
3.6/ 4.6 |
· Menentukan bilangan-bilangan Tripel Pythagoras · Menentukan jenis segitiga menurut panjang sisinya · Menghitung panjang salah satu sisi pada segitiga siku-siku · Menyelesaikan masalah menggunakan konsep teorema Pythagoras |
20 |
Lingkar an |
VIII |
3.7/ 4.7 |
· Unsur-unsur lingkaran · Menghitung luas lingkaran jika diketahui kelilingnya atau sebaliknya · Menghitung luas juring/ panjang busur · Menyelesaikan masalah berkaitan panjang busur lingkaran atau luas juring · Menyelesaikan masalah dikaitkan dengan luas atau keliling lingkaran · Menghitung besar sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran |
21 |
BRSD |
VIII |
3.9/ 4.9 |
· Menentukan jumlah unsur-unsur pada bangun ruang sisi datar (balok, kubus, prisma atau limas) · Menentukan jaring-jaring kubus atau balok · Menyelesaikan masalah berkaitan dengan model kerangka bangun ruang · Menghitung luas kubus, balok, prisma atau limas · Menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas · Menyelesaikan/ menjelaskan/ memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang sisi datar (balok, kubus, prisma, limas) · Menyelesaikan / menjelaskan /memecahkan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang sisi datar (balok, kubus, prisma, limas) |
22 |
BRSL |
IX |
3.7/ 4.7 |
· Menghitung luas tabung, kerucut, atau bola · Menghitung luas gabungan antara dua bangun ruang sisi lengkung · Menghitung volume tabung, kerucut, atau bola · Menentukan luas gabungan dua bangun ruang sisi lengkung ( tabung, kerucut, atau bola) · Menentukan volume gabungan dua bangun ruang sisi lengkung ( tabung, kerucut, atau bola) · Menyelesaikan (memecahkan) masalah yang berkaitan dengan luas gabungan dua bangun ruang sisi lengkung · Menyelesaikan (memecahkan) masalah yang berkaitan dengan gabungan volume bangun ruang sisi lengkung |
23 |
Keseba ngunan dan kekong ruenan |
IX |
3.6/ 4.6 |
· Menentukan sisi-sisi yang bersesuaian atau sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen · Menentukan sudut-sudut yang sama atau sisi yang sama bila diberikan dua buah bangun yang sebangun atau kongruen · Mengklarifikasi syarat dua segitiga kongruen |
No |
MATE RI |
Kls |
KD |
INDIKATOR SOAL |
|
|
|
|
· Menentukan syarat kesebangunan · Menenetukan panjang sisi pada dua segiempat yang sebangun · Menentukan panjang sisi pada dua segitiga yang sebangun · Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan pada segiempat atau segitiga · Memecahkan masalah dengan konsep kekongruenan/ kesebangunan |
24 |
Koordin at kar tesius |
VIII |
3.2/ 4.2 |
|
25 |
Transfo rmasi |
IX |
3.5/ 4.5 |
· Menentukan bayangan titik hasil suatu transformasi (translasi, refleksi, rotasi atau dilatasi) · Menentukan transformasi yang tepat jika disajikan gambar asal dan bayangannya · Menentukan bayangan dari titik-titik koordinat pada bidang datar jika ditransformasikan dengan transformasi gabungan · Menentukan transformasi tunggal yang mewakili dua transformasi berulang · Menyelesaikan masalah berdasakan hasil pengamatan yang terkait penerapan konsep transformasi |
No |
MATERI |
Kls |
KD |
|
26 |
Menyaji kan/ mendes kripsika n data dalam bentuk tabel/ diagram |
VII |
3.12/ 4.12 |
· Mengitepretasikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran |
27 |
Penyajia n data dalam bentuk tabel, diagram |
VII |
3.12/ 4.12 |
· Menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran |
28 |
Ukuran pemusat an data |
VIII |
3.10/ 4.10 |
· Menentukan mean, median atau modus data tunggal · Menentukan mean, median atau modus data tunggal pada tabel frekuensi · Menyelesaikan / menjelaskan (memecahkan) masalah yang berkaitan dengan nilai rata-rata/ rata-rata gabungan, median atau modus |
29 |
Pemusa tan data |
VIII |
3.10/ 4.10 |
· Menyelesaikan masalah terkait dengan ukuran pemusatan data |
30 |
Titik/ ruang sampel dan peluang |
VIII |
3.11/ 4.11 |
· Menentukan ruang sampel dari hasil suatu percobaan · Menentuan peluang suatu kejadian · Menyelesaikan masalah berkaitan dengan peluang suatu kejadian |
Copyright © 2019 - 2025 SMP Negeri 1 Nanggulan All rights reserved.
Powered by sekolahku.web.id